Pencet Enter untuk mencari atau Esc untuk tutup
Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan , ,

PULAU TABUHAN

Kepulauan dan pantai Banyuwangi memang sangat mempesona alam yang indah dan masih belum tercemar limbah dan sampah. Tidak berlebihan jika tempat ini menjadi salah satu wisata yang harus di kunjungi ketika anda singgah ke Banyuwangi yaitu Pulau Tabuhan. Pulau ini berlokasi 20 kilometer dari pusat kota Banyuwangi tepatnya di Desa Bangsring, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Merupakan pulau tak berpenghuni dikawasan utara Banyuwangi dan berada ditengah-tengah selat Bali.

Pulau Tabuhan Banyuwangi ini memiliki luas sekitar 5 hektar dan menawarkan keindahan alam yang tiada duanya dengan ciri khas pasir putih dan air bening disepanjang pantainya. Disebut Pulau Tabuhan dikarenakan angin yang bertiup disini sayup-sayup terdengar seperti tetabuhan musik.  Pemandangan alam bawah lautnya sangat indah. Ada berbagai terumbu karang, yang menjadi rumah bagi para ikan karang, bunga karang, udang karang, dan berbagai tumbuhnya laut. Pulau Tabuhan sangat cocok untuk scuba diving / snorkling. Tak ada salahnya untuk melakukan kegiatan berenang bersama hewan – hewan laut karena airnya sangat jernih.

Pulau ini dapat dikatakan merupakan pulau yang unik. Hal ini dikarenakan warna pasir yang ada pada sepanjang garis pantai-pantai yang berbatasan langsung dengan Selat Bali pada umumnya memiliki pasir pantai yang berwarna gelap, akan tetapi Pulau Tabuhan ini justru mempunyai pasir pantai yang berwarna putih. Pulau Tabuhan sangatlah menarik untuk dikunjungi karena beragam potensi alam sudah tersedia lengkap di sana, mulai dari pasir pantai, keindahan alam bawah laut, flora dan fauna, serta ideal untuk kegiatan selancar layang atau kiteboarding.

Kekayaan flora dan fauna di Pulau Tabuhan melengkapi keindahan Pulau Tabuhan. Salah satu fauna yang menarik diamati adalah burung maleo, salah satu satwa yang dilindungi di Indonesia. Bila beruntung Anda dapat melihat burung ini yang bercirikan badan berwarna hitam, bulu sekitar mata berwarna kuning, dan kaki berwarna abu-abu. Selain burung maleo, ada pula burung enggang gading yang dilindungi oleh pemerintah dan cagar alam Indonesia. Burung tersebut bercirikan pada bagian perut, kaki dan ekor berwarna putih. Dari segi kekayaan flora-nya pulau ini memiliki tanaman setigi yang dilindungi dikarenakan banyak diburu penggemar bonsai.

Ada satu lagi keunikan, Pulau Tabuhan juga memiliki sunrise dan sunset yang indah. Jadi bagi anda yang menginap dipulau ini bisa membawa tenda untuk tempat berlindung. Pada awalnya pulau ini digunakan tentara Jepang sebagai tempat mata-mata. Tak heran di sana ada mercusuar peninggalan masa penjajahan Jepang yang masih berdiri dan sengaja dipertahankan walaupun Pulau Tabuhan resmi dibuka menjadi destinasi wisata baru di Banyuwangi. Mercusuar di Pulau Tabuhan hanya dapat dilihat dari luar saja. Karena Pemkab Banyuwangi sangat menghargai situs sejarah, maka mercusuar tidak dibuka untuk wisatawan karena alasan keamanan dan mempertahankan kondisi mercusuar yang mulai rapuh karena kondisi angin di Pulau Tabuhan sangat kencang.

TIPS BERWISATA

  1. Untuk menuju ke Pulau Tabuhan perjalanan dapat dilakukan melalui perjalanan darat, laut dan udara. Perjalanan darat Surabaya-Banyuwangi kurang lebih 8 jam, sedangkan perjalanan darat dan laut Denpasar-Banyuwangi membutuhkan waktu 4 jam perjalanan. Gunakan jasa ojek / sewa mobil untuk mengantar ke desa Bangsring, untuk menyewa kapal nelayan guna menyeberang ke Pulau Tabuhan. Harga tiket menuju Pulau Tabuhan relatif mahal akan tetapi sebanding dengan panorama bahari yang disuguhkan.
  2. Untuk menuju ke sana Anda bisa naik perahu tradisional milik nelayan setempat yang memang disediakan bagi wisatawan yang akan menyebrang ke Pulau Tabuhan. Harga yang ditawarkan Rp 500 ribu untuk penyeberangan pulang-pergi dengan kapasitas 10 orang. Harga tersebut sudah termasuk peralatan senorkeling dan pelampung.
  3. Disarankan membawa membawa baju ganti dan serta bekal yang cukup, terutama air minum.Jangan lupa membawa obat-obatan dan kamera jika anda ingin mengabadikan pemndangan yang sangat indah ini.
  4. Jika ke Pulau Tabuhan jangan lupa bawa sampah anda kembali dan jangan corat-coret! Karena semua itu akan merusak pemandangan yang sangat indah yang bedara di Pulau Tabuhan tersebut.
  5. Jaga keselamatan dan selalu berhati – hati.

FASILITAS

  1. Tersedia penyewaan alat Snorkling
  2. Disana juga tersedia boat atau perahu nelayan yang dapat diakses dari Pantai Bangsring Banyuwangi untuk menuju ke pulau Tabuhan.
  3. Area parkir
  4. Tempat makan

Tour Provider : indonesiaholiday.co.idindonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com – 082230445545 –  082230445545

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG