Pencet Enter untuk mencari atau Esc untuk tutup
Blog thumbnail

Pulau Menjangan

Pulau Menjangan

Blog thumbnail ,

PULAU MENJANGAN

Pulau menjangan terletak di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, atau sekitar 60 km dari Lovina. Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari pusat wisata Kuta dan 4 jam perjalanan dari Denpasar.

Untuk ke pulau ini, Anda harus menyeberang dengan kapal motor (boat) kurang lebih 45 menit dari Pelabuhan Lalang. Selama perjalanan nanti Anda akan disuguhi oleh pemandangan gunung api di Jawa Timur di Prapat Agung yang dipadukan dengan laut biru jernih. Di Pelabuhan Lalang, fasilitas yang disediakan sudah lengkap, seperti restoran, penginapan, bar, dan masih banyak lagi.

Pulau yang dikenal sebagai wall diving terbaik di Bali ini memiliki taman bawah laut dengan visibility yang baik dan penuh warna sekaligus kaya akan biota laut. Pulau Menjangan dikelilingi terumbu karang dan formasi batuan yang kompleks.

Formasi batuan tersebut membentuk sejumlah gua-gua besar dan kecil yang menjadi habitat bagi terumbu karang, karang lunak, Kerapu (dari Famili Serranidae, red.), dan Belut Moray (dari Famili Muraenidae, red). Di gua-gua kecil, Kakap dan Batfish (dari Famili Ogcocephalidae, red.) banyak terlihat hilir mudik. Dasar lautnya juga kaya akan Barrel Sponge (Xestospongia testudinaria, red.) dan Sea Fan(dari Ordo Gorgonacea, red.) yang berukuran sangat besar. Kedalaman laut dan aliran arus yang tenang menjadikan taman bawah laut sekitar Menjangan adalah tempat hidup bagi ikan Tuna, gerombolan Jackfish (dari Famili Carangidae, red.), Angelfish (dari Famili Pomacanthidae, red.), beragam jenis penyu, hingga hiu karang.

Pada bulan-bulan tertentu kita dapat meyaksikan atraksi wisata dari satwa liar diantaranya sekelompok lumba-lumba yang melakukan migrasi, sekelompok rusa timor atau (juga dikenal dengan nama, red.) menjangan (Cervus timorensis, red.) yang menyeberang dari Pulau Menjangan menuju semenanjung Prapat Agung dan atau sebaliknya, juga dibawah laut kita dapat melihat penyu hijau (Chelonia mydas, red.) yang terlihat diantara terumbu karang, namun  belum dipastikan apakah mereka mendarat di daratan Pulau Menjangan atau Semenanjung Prapat Agung.Disamping keindahan bawah lautnya yang menawan, potensi daratan pun menawarkan pesona dari Pulau Menjangan yang tidak kalah indahnya.

Menyusuri Pulau Menjangan dengan tracking dari Pos 1 ke Pos 2 kita bisa menemukan sejumlah jenis burung seperti Perkutut (Gleopelia striata, red.), Kacamata Gunung (Zosterops montanus, red.), Bondol Peking (Lonchura punctulata, red.), Srigunting Kelabu (Dicrurus leucophaeus, red.) dan Cablak Maling (Caprimulgus macrurus, red.) pada spot tertentu. Terlebih lagi daratan Pulau Menjangan dilengkapi dengan savanna dimana kita dapat melihat secara langsung Rusa Menjangan sedang berperilaku liar.

Vegetasi sekitar area savanna ditumbuhi Kemloko (Phyllanthus emblica, red.) yang memiliki buah berukuran kecil dan berwarna hijau yang rasanya asam. Kemudian dapat ditemukan juga dermaga yang dikhususkan bagi para umat hindu yang akan beribadah ke Pura yang terdapat di Pulau Menjangan.

TIPS BERWISATA

  1. Di pulau ini tidak terdapat penginapan.
  2. Sebaiknya BAB, lebih awal sebelum berangkat
  3. Bawa bekal.
  4. Oleh karena kawasan Menjangan Bay tidak berpenghuni sehingga tidak ada transportasi massal di sini. Anda dapat berkeliling dengan berjalan kaki sambil menikmati suasana pulau. Namun, biasanya wisatawan langsung menuju titik penyelaman untuk menyelam atau sekedar snorkeling.

FASILITAS

  1. Terdapat beberapa penginapan
  2. Toilet
  3. Area parkir
  4. Tempat makan

Tour Provider : indonesiaholiday.co.idindonesiaholiday.id – wisata-batumalang.com – dreamholidays.co.id – batumalangtransco.com – Tourtoindonesia.com – 082230445545 –  082230445545

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG