Pencet Enter untuk mencari atau Esc untuk tutup
coban rondo

Coban Rondo

Coban Rondo

coban rondo ,

Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo yang terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang merupakan salah satu objek wisata favorit wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Malang, Jawa Timur.
Selain air terjun, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alamnya sambil duduk santai di taman serta merasakan berbagai permainan seperti labirin dan flying fox. Akses menuju air terjun tersebut juga sangat mudah, bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat selama kurang lebih satu setengah jam dari pusat kota Malang.
Menurutnya, pemandangan alam di Coban Rondo juga sangat eksotis dan jadi salah satu alternatif untuk melepas penat dari kesibukan kota Surabaya. “Pemerintah perlu memperhatikan kondisi jalan menuju ke sini karena ada beberapa yang berlubang dan tidak rata,” ungkapnya.
Air terjun Coban Rondo memiliki ketinggian sekitar 84 meter. Berada di ketinggian 1.135 meter dari permukaan laut, air terjun ini berasal dari sumber di Cemoro Dudo, lereng Gunung Kawi dengan debit 150 liter per detik pada musim hujan dan 90 liter per detik di musim kemarau.

Sejarah

‘Rondo’ dalam bahasa Jawa bermakna janda. Nama Coban Rondo diambil dari dongeng awal terbentuknya air terjun ini. Dahulu kala ada sepasang pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahannya. Mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan mempelai laki-laki bernama Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmoro. Setelah 36 hari menikah, Dewi Anjarwati mengajak suaminya untuk berkunjung ke Gunung Anjasmoro.
Dalam perjalanan mereka bertemu dengan Joko Lelono. Tampaknya Joko Lelono tertarik dengan kecantikan Dewi Anjarwati dan ingin merebutnya dari Raden Baron Kusuma. Perkelahianpun tidak dapat dihindarkan. Raden Baron Kusuma memerintahkan para punakawan (pendamping) agar membawa Dewi Anjarwati ke suatu tempat yang ada cobannya (air terjun).
Perkelahian tersebut menyebabkan keduanya gugur. Dengan meninggalnya Raden Baron Kusuma maka Dewi Anjarwati menjadi janda atau “rondo”. Sejak saat itulah air terjun yang ditempati Dewi Anjarwati lebih dikenal sebagai Coban Rondo. Konon batu besar yang ada di bawah air terjun itu merupakan tempat duduk sang putri.
Lokasinya yang berdekatan dengan Kota Wisata Batu memang sangat menguntungkan objek wisata milik Perhutani ini. Fasilitas yang ditampilkan di coban ini tidak hanya air terjun setinggi 84 meter saja, namun dilengkapi juga dengan River Tubing, War Game, Camp Ground, Tasung, Volley Jump, Family Gathering, Labirint, Jungle Trekking, dan Outbound. Fasilitas permainan War Game dengan memakai Pin Ball dan Fun Tubing bisa dinikmati sejak awal tahun 2013 ini.
Selain aneka permainan, Coban Rondo juga mempunyai ‘Mini Zoo’ dengan menghadirkan beberapa satwa yang dilindungi, seperti aneka jenis rusa, landak, dan monyet. Di taman satwa ini juga disediakan kuda tunggangan yang bisa disewa para pengunjung untuk berkeliling taman. Tidak jauh dari taman itu ada penginapan Griya Wana Coban Rondo untuk wisatawan dengan tarif sekitar Rp 150.000 per malam. Di perbukitan sekitarnya banyak tumbuh aneka pepohonan yang dihuni oleh sekawanan monyet. Monyet-monyet di tempat tersebut cukup jinak, bahkan bisa diajak bercengkerama jika Anda memberinya jagung atau kacang.

TIPS BERWISATA

  1. Gunakan jaket, sarung tangan, kaos kaki, masker, topi hangat agar anda tidak kedinginan.
  2. Sebaiknya bawa kendaraan sendiri atau ngojek karena jarak dari pintu masuk ke area waterfall sangat jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki.
  3. Berhati-hatilah jika kantong makanan terutama kacang, karena jika diminta monyet di daerah tersebut harus diberi, jika tidak monyet tersebut akan marah.
  4. Patuhi beberapa peraturan yang ada saat berkunjung ke lokasi ini, yakni dilarang mandi atau berada di bawah air terjun dan apabila hujan lebat turun maka pengunjung diwajibkan untuk meninggalkan lokasi wisata. Karena ditakutkan akan terjadi banjir ataupun longsor.

FASILITAS

  1. Area parkir
  2. Toilet
  3. Penginapan
  4. Taman labirin
  5. Wahana bermain
  6. Tempat makan
Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESAN SEKARANG